A. Media elektronik
B. Media interaksi
C. Media promosi
D. Media untuk ajang pamer
E. Informasi terlengkap
2. Berikut pernyataan tentang toko online.
(1) Tidak perlu capek-capek membuat iklan offline seperti menyebarkan selebaran, memasang spanduk atau pamflet.
(2) Berjalan otomatis sehingga tidak perlu di tunggui seperti toko offline.
(3) Media yang paling efektif untuk berjualan maupun promosi karena seiring perkembangan teknologi. (4) Terkoneksi dengan internet, tidak semua daerah bisa terkoneksi dengan internet dan misal terkoneksi pun belum tentu lancar seperti di kaca.
(5) Membuat toko online tidak semudah membalikkan telapak tangan karena memerlukan domain, hosting dan desain seperti logo atau banner.
Pernyataan tentang kelebihan toko online dibandingkan dengan toko offline adalah nomor...
A. (1), (2), dan (4)
B. (1), (2), dan (3)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
3. Upload adalah...
A. Memasukkan data ke internet
B. Memperbarui data ke internet
C. Menyimpan data
D. Memasukkan data dari internet ke komputer
E. Mencetak data dari internet
4. Kegiatan mengirim artikel ke dalam blog disebut...
A. Upload
B. Download
C. Browsing
D. Posting
E. Printing
5. Berikut tips untuk menghindari penipuan dari toko online, kecuali
A. Hati-hati harga yang murah
B. Ketahuilah alamat toko online tersebut
C. Apakah toko online tersebut menggunakan domain gratis
D. Lakukan pembayaran dengan COD
E. Banyak toko online yang tidak menipu
6. Berikut strategi pemasaran dengan menggunakan toko online, kecuali...
A. Mengiklankan produk toko online melalui
masa media
B. Strategi pemasaran melalui website
C. Mengoptimalkan website dengan teknik SEO
D. Memanfaatkan jejaring sosial untuk promosi
E. Bergabung dengan komunitas atau forum
untuk promosi
7. Istilah umum untuk proses pembelian dan penjualan yang didukung oleh sarana
elektronik adalah...
A. E-commerce
B. Compuserve
C. Prodigy
D. Online komersial
E. Internet web
8. Menawarkan informasi dan layanan
pemasaran online kepada pelanggan yang
membayar biaya bulanan, disebut...
A. Internet dan web
B. Layanan online komersial
C. E-commerce
D. Marketing website
E. E-mail
9. Cara pembayaran secara online menggunakan internet adalah pengertian...
A. Payment
B. Keyword
C. Kartu kredit
D. PayPal
E. Punisment
10. Berikut syarat yang harus dipenuhi web atau blog agar menjadi media pemasaran
online lain, kecuali...
A. Desain yang menarik
B. Tampilan yang memikat
C. Sajian informasi yang lengkap
D. Kenyamanan dan kemudahan untuk
diakses
E. Memiliki produk sendiri untuk dipasarkan
11. Berdasarkan sifatnya pertemuan dibedakan menjadi dua yaitu...
A. Pertemuan formal dan diskusi
B. Pertemuan formal dan pertemuan
informal
C. Pertemuan informal dan simposium
D. Pertemuan informal dan seminar
E. Seminar dan lokakarya
12. Pertemuan/rapat yang biasanya diadakan untuk membicarakan suatu masalah dalam perwujudan suatu kehendak atau
maksud merupakan pengertian...
A. Diskusi
B. Simposium
C. Seminar
D. Lokakarya
E. Konferensi
13. Berikut macam-macam pertemuan untuk tujuan memecahkan masalah, kecuali...
A. Konferensi
B. Kongres
C. Rapat
D. Muktamar
E. Simposium
14. Berikut jenis rapat yang di tinjau dari jangka waktunya, kecuali...
A. Rapat rutin
B. Rapat mingguan
C. Rapat bulanan
D. Rapat semesteran
E. Rapat tahunan
15. Suatu undangan sebaiknya disampaikan...
A. Jauh hari sebelum acara rapat dimulai
B. Antara 3 sampai 7 hari sebelum acara rapat dimulai
C. Sebulan sebelum acara rapat dimulai
D. Sehari sebelum rapat dimulai
E. Pada saat acara rapat dimulai
16. Berikut merupakan isi undangan rapat, kecuali...
A. Hari, tanggal, dan jam
B. Tempat rapat
C. Acara rapat
D. Bahan(materi yang akan dibahas dalam rapat)
E. Hiburan pengisi rapat
17. Berikut yang merupakan ciri-ciri pemimpin rapat tipe laissez-faire adalah...
A. Pemimpin rapat yang menganggap dirinya sebagai orang yang paling berkuasa
B. Pemimpin menentukan segala kegiatan kelompok secara otoriter
C. Pemimpin bersifat pasif
D. Pemimpin bersifat terbuka
E. Keputusan yang diambil pimpinan berdasarkan hasil musyawarah
18. Tata ruang rapat untuk 50 orang peserta menggunakan ruangan berbentuk...
A. Huruf T
B. Aula
C. Perahu
D. Bundar
E. Huruf U
19. Yang perlu dipersiapkan dalam penyelenggaraan rapat di antaranya...
A. Susunan acara
B. Surat undangan
C. Hasil rapat yang lalu
D. Block note,bolpoi
E. Daftar hadir
20. Tipe pemimpin rapat yang bersifat adil terbuka, Memberikan kesempatan kepada para peserta rapat untuk mengemukakan pendapat atau saran-saran disebut tipe...
A. Otoriter
B. Orogan
C. Demokratis
D. Laissez faire
E. Jaim
B. Selesaikan soal-soal berikut dengan tepat.
1. Jelaskan yang dimaksud money broker?
Jawab:
Money broker adalah orang atau perusahaan yang memiliki fungsi sebagai perantara dalam transaksi jual beli. Biasanya money broker mendapatkan keuntungan dari komisi yang sudah ditetapkan.
2. Jelaskan pengertian jaul beli online!
Jawab:
Jual beli online adalah kegiatan jual beli yang dilakukan di media elektronik seperti hp dimana antara penjual dan pembeli biasanya tidak bertatap muka langsung.
3. Uraikan secara singkat langkah-langkah transaksi elektronik dengan Menggunakan Credit card?
Jawab:
1. Menghubungkan ke jaringan terenkripsi yang aman.
2. Masukkan alamat website Anda berniat untuk membeli dari alamat jendela browser Anda.
3. Memilih barang yang Anda ingin membelinya.
4. Klik tombol yang sesuai untuk membeli item yang telah Anda pilih.
5. Masukan informasi pengiriman Anda. Anda tidak mungkin melihat harga akhir Anda sampai Anda melakukan ini, karena website perlu zip atau kode pos untuk menghitung biaya pengiriman.
6. Masukkan informasi penagihan Anda.
7. Masukan informasi kartu kredit Anda Ini termasuk Nama Anda ,Nomor kartu kredit,Kartu kredit tanggal kedaluwarsa,3 - atau 4 - digit kode keamanan di bagian belakang kartu kredit.
8. Klik tombol yang sesuai untuk menyelesaikan pembelian kartu kredit.
9. Cetak layar konfirmasi atau bukti pembelian yang Anda terima setelah menyelesaikan transaksi, dan menyimpan bukti pembelian sampai barang tiba.
4. Sebutkan dan jelaskan instansi yang terlibat
dalam trantrans elektronik?
Jawab:
1. DepKomInfo (Departemen Komunikasi dan Informasi) layak ditunjuk sebagai instansi pemerintah yang bertugas membuat regulasi tentang pemanfaatan dunia maya khususnya informasi dan transaksi elektronik.
2. Agen Elektronik adalah perangkat dari suatu Sistem Elektronik yang dibuat untuk melakukan suatu tindakan terhadap suatu Informasi Elektronik tertentu secara otomatis yang diselenggarakan oleh Orang.
3. Penyelenggara Sistem Elektronik adalah setiap Orang, penyelenggara negara, Badan Usaha, dan masyarakat yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan Sistem Elektronik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama kepada Pengguna Sistem Elektronik untuk keperluan dirinya dan/atau keperluan pihak lain.
4. Instansi Pengawas dan Pengatur Sektor adalah instansi yang bertugas mengawasi pelaksanaan tugas sektor dan mengeluarkan pengaturan terhadap sektor tersebut misalnya sektor perbankan dan sektor perhubungan.
5. Informasi Elektronik adalah satu atau sekumpulan data elektronik, termasuk tetapi tidak terbatas pada tulisan, suara, gambar, peta, rancangan, foto, electronic data interchange (EDI), surat elektronik (electronic mail), telegram, teleks, telecopy atau sejenisnya, huruf, tanda, angka, kode akses, simbol, atau perforasi yang telah diolah yang memiliki arti atau dapat dipahami oleh orang yang mampu memahaminya.
6.Pemerintah
7.Bank
5. Sebutkan macam-macam modal bisnis
e-commerce dan berikan contoh masing- masing modal tersebut?
Jawab:
1.Website e-commerce business to business (B2B)
Website e-commerce business to business (B2B) adalah situs untuk melayani kegiatan bisnis antara pelaku bisnis dengan pelaku bisnis lainnya. Website e-commerce B2B biasanya digunakan antara pihak produsen dengan distributor, grosir dan retailer. Contoh portal B2B, yaitu ralali.com yang menjembatani transaksi produk industri antara perusahaan besar dengan perusahan kecil, dan bizzy.co.id yang melayani transaksi B2B untuk produk peralatan kantor.
2.Website e-commerce business to customer (B2C)
Website e-commerce business to customer (B2C) adalah kebalikan dari B2B. Situs e-commerce B2B melayani kegiatan jual-beli online antara pihak perusahaan atau produsen dengan pengguna akhir, baik itu konsumen perorangan atau pun grup. Contoh portal B2C, yakni bhinneka.com yang fokus menjual aneka produk elektronik, dan juga lazada.co.id yang menjual berbagai produk fashion, olahraga, hingga elektronik.
3.Website e-commerce customer to customer (C2C)
Website e-commerce customer to customer (C2C) adalah situs yang memungkinkan konsumen melakukan transaksi online dengan konsumen lain. Situs e-commerce B2B berperan sebagai pihak ketiga yang mempertemukan antarkonsumen. Contoh platform B2B di Indonesia, yaitu tokopedia.com dan bukalapak.com yang menyediakan layanan untuk individu menjualkan beragam produk baru maupun bekas ke konsumen yang lain.
4.Website e-commerce customer to business (C2B)
Website e-commerce customer to business (C2B) adalah kebalikan dari C2C. Situs e-commerce C2B menyediakan layanan bagi pihak individu atau konsumennya untuk menawarkan produk atau jasa ke perusahaan tertentu yang membutuhkannya. Contoh platform C2B, yakni istockphoto.com yang menjadi media bagi para fotografer individu untuk mendapatkan royalti apabila ada yang menggunakan fotonya.
5.Website e-commerce business to administration (B2A)
Website e-commerce business to administration (B2A) melayani kegiatan transaksi secara online antara pihak perusahaan dengan administrasi publik atau lembaga dan masyarakat. Situs e-commerce B2A umumnya merupakan layanan pemerintah. Contohnya, bpjsketenagakerjaan.go.id yang menyediakan layanan online bagi para peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk memperoleh informasi dan melakukan klaim saldo.
6. Apakah yang membedakan transaksi
e-commerce dengan transaksi lainnya?
Jawab:
Adalah transaksi di ecommerce biasanya proses pembayaran melalui pihak ke 3 seperti bank atau emoney sedangkan transaksi lainnya biasanya menggunakan uang tunai sebagai alat pembayaran.
Pembahasan
E-commerce merupakan bentuk Digital Shopping atau yang lebih dikenal dengan belanja online yang merupakan peralihan fungsi pasar konkrit menuju pasar abstrak, banyak hal yang melatar belakangi tren belanja online akhir-akhir ini, salah satunya adalah kepraktisan yang ditawarkan serta peranan ilmu pengetahuan dan teknologi yang turut berperan penting dalam kemajuan sistem belanja saat ini.
Kepraktisan yang ditawarkan oleh banyak toko online dan dengan berbagai penawaran menarik membuat bnyak orang tertarik untuk melakukan belanja tanpa harus keluar rumah, serta didukung dengan teknologi pengiriman barang, sehingga kita bisa mengecek sampai dimana barang yang kita beli tersebut berada.
Peran dunia digital sangat mempengaruhi kebiasaan masyarakat dalam berbelanja, serta kemudahan transaksi serta kepercayaan masyarakat yang terus dijaga oleh pemilik toko online, maka semakin banyak orang yang lebih senang berbelanja online dari pada langsung, karena selain menghemat ongkos mereka juga dapat menghemat waktu.
7. Apakah penyebab vidio conference masih kurang populer di Indonesia?
Jawab:
Video conference kurang populer di Indonesia karena:
1) koneksi internet harus lancar dan membutuhkan bandwidth yang tinggi.
2) pihak yang ingin berkomunikasi melalui video conference harus mempunyai software yang sama.
3) kekurangan provider yang berfokus pada kualitas.
8. Apakah yang anda pahami tentang perdagangan informasi dalam e- commerce?
Jawab:
Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elekronik seperti internet atau televisi.
9. Jelaskan menurut anda kesalahan utama
dalam memulai bisnis e-commerce?
Jawab:
Pertama ialah terlalu percaya diri. Para pebinis e commerce yang terlalu percaya diri bahwa hanya dengan mengelola bisnis e commerce tanpa melakukan upaya peningkatan mutu sebenarnya sedang melakukan kesalahan fatal.
Kedua, tak adanya fasilitas penunjang. Fasilitas penunjung berupa layanan telefon juga sangat penting dalam sebuah bisnis e commerce. Bahkan fasilitas ini bisa menjadi tonggak keberhasilan bisnis.
Ketiga, tidak mengenali sistem SBO yang baik. Apapun bisnis e commerce yang anda jalankan bila anda tidak membangun sistem SBO yang baik, kemungkinan transaksi bisnis anda juga tidak berjalan dengan baik. Kesalahan bisnis e commerce keempat ialah konsep yang tidak matang. Bila konsep bisnis e commerce tidak jelas maka arah perjalanan bisnis anda tidak jelas pula. Dan hal ini adalah kesalahan yang harus dihindari.
Kelima, tak ada terobosan baru. Tanpa ide-ide baru dan unik serta berbeda maka mustahil bisnis e commerce akan dikenal masyarakat luas. Keenam, meniru yang sudah ada. Meniru sesuatu yang telah ada tanpa melakukan perombakan justru akan membuat bisnis anda terkesan tidak memiliki karakter sendiri.
10. Apakah yang anda ketahui mengenai
e-mail, e-banking dalam e-commerce?
Jawab:
e-mail= electronic mail adalah suatu sarana untuk mengirim dan menerima surat atau pesan dengan format digital melalui jalur jaringan komputer dan internet
e-banking=kegiatan melakukan transaksi,pembayaran,dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan.
e-commerse=aktivitas penyebaran, penjualan,pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa) , dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet dan jaringan komputer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar